Doa Rosario

19 01 2010

Untaian Bunga Mawar
Istilah “Rosario” berasal dari bahasa Latin “rosarium” yang berarti “untaian bunga mawar”. Bunga mawar selain indah dipandang juga memiliki keharuman. Dengan demikian, doa rosario juga diharapkan membawa keindahan dan keharuman bagi para pendoa dan yang didoakannya.

Doa rosario merupakan doa sederhana yang menyerupai ofisi (ibadat para imam dan biarawan/wati) yang biasa mendaraskan 150 mazmur. Doa ini bisa dikatakan berasal dari kebiasaan doa St. Dominikus dan sering didoakan oleh umat dan ordo Dominikan. Pada waktu itu, bagi rahib yang tidak bisa membaca ibadat harian dengan mazmur, mereka menggantinya dengan mengulang-ulang doa “Bapa Kami” dan “Salam Maria”.

Rosario yang sekarang banyak kita kenal memiliki 50 + 3 butir untuk doa “Salam Maria”, 6 “Bapa Kami”, dan 7 “Kemuliaan”. Setiap untaian atau putaran (siklus) dimaksudkan untuk mengenang atau merenungkan suatu peristiwa, dan terbagi lagi menjadi 5 sub-peristiwa yang masing-masing dirangkai dengan 1 “Bapa Kami”, 10 “Salam Maria”, dan 1 “Kemuliaan”.

Paus Pius V (17 Oktober 1569) menetapkan 3 peristiwa, yaitu peristiwa: gembira, sedih, dan mulia. Dengan mendoakan rosario sebanyak 3 kali (putaran) maka akan tercapailah 150 doa “Salam Maria” yang sama jumlahnya dengan jumlah mazmur.

Paus Yohanes Paulus II merupakan Paus yang sangat mencintai doa rosario. Paus Yohanes Paulus II memang dikenal sangat berdevosi kepada Bunda Maria. Melalui Surat Kepausan Rosarium Virgins Mariae, beliau menetapkan Oktober 2002 – Oktober 2003 sebagai Tahun Rosario. Selain itu, beliau juga mengadakan pembaruan doa rosario tanpa mengubah struktur dasarnya, yaitu dengan menambahkan satu untaian peristiwa, yaitu peristiwa cahaya (terang). Sekarang dengan penambahan peristiwa cahaya, total doa “Salam Maria” menjadi 200.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: